Tuesday, October 07, 2008

Melentikkan bulu mata bayi

Pernah dengar mitos bahwa menggunting bulu mata bayi akan melentikkan bulu matanya? Percaya ngga percaya, ketika mitos itu diterapkan kepada my sweety babies, terbukti loh... Suer..
Pertama Nasywa yang diujicobakan hehe.. Sudah 3 kali bulu matanya saya gunting. Tapi persisnya waktu berapa bulan lupa :-D. Yang pasti masih di bawah 2 tahun. Dan hasilnya, tokcer...bulu matanya lebat dan panjang. Otomatis terlihat lentik dong...


Terus yang kedua, Naura yang diujicobakan. Menjelang ulang tahun pertamanya sudah 2 kali saya gunting. Sewaktu 4 bulan dan 7bulanan. Waktu 7 bulan saya hanya rapikan. Soalnya hasil guntingan yang pertama ngga rapi sih. Dan sekarang? Alhamdulillah mitosnya terbukti..
Mau coba?
Coba deh, ga bakalan nyesel deh..., hehe..

26 comments:

Zeeva Athena Cakranegara said...

emang bener ya, di rumah ada dua tuh barbuknya. Satu ade saya, yg waktu bayi bulu matanya dipotong tetangga, eh beneran gedenya bulumatanya panjang n lebat. kedua, si zeeva, yg motong agak2 ketakutan ketauan saya, jd agak brantakan, tapi terus jadi panjang n lebat sih walaupun kurang lentik.

budhe said...

Assalamu'alaikum...
Maaf nich... sepertinya Cbox ruang tamunya lagi eror tuh jadi langsung kesini aja dech... budhe disambut hangat kant Bunda Nasywa...
Barusan ke rumah Mama Thalita trus kemari daaaan...ternyata ngedapatin info yang O.K punya oiii..
Klo' umur 9 bln beneran belum terlambat nich..pengen bulu mata adel panjang dan lentik supaya agak beda dg kakaknya 8 th yg yach biasa ajah..
Makasih yach...sangat informatif.Boleh langganan kemari ga' ya...Wassalam...

semuacinta said...

maaf nih sebelumnya, klo menurutku sih sebaiknya jangan dipotong bulu mata anak kita. itu takutnya seperti mengubah ciptaan Allah seperti halnya mencukur bulu alis.

menurutku, anak tetap cantik dengan bulu mata aslinya.

maap ya sebelumnya. hehehe.

Anonymous said...

@Bunda Woro
Hehee... klo menurut saya sih biar tambah cantik aja, sama seperti memotong rambut kan Bun...
Klo mencukur alis memang jelas ada larangannya...
But anyway, semua tergantung keyakinan masing-masing siy yaah...
Hehe.. peace ah...

Nia said...

wah ternyata mitos itu beneran yaa...perlu di uji coba ke ina nechhh....mdh2an berhasil...mksh infonya yaaa

Anonymous said...

mb kalo dah 18bln masih bisa ga? hehe

Anonymous said...

assalamu'alaykum bunda nasywa salam kenal..ikutan nimbrung boleh yah? aku baru pny baby skrg dah 6 bln lebih,namanya abdulhalim,dulu waktu masih 2bln-an aku pengen banget gunting bulu matanya halim biar lentik,jd bisa buat nyetop angkot hehe..tapi belum sempet2 sampe akhirnya halim dah 4 bln,truss aku iseng tanya dulu ke suami kan?ternyata dia bilang bulu mata dan alis termasuk rambut yang dilarang dipotong atau dicukur.Dalilnya adalah sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam
Allah melaknat perempuan-perempuan yang mencukur alis dan perempuan-perempuan yang minta dicukur alisnya...namun dijelaskan oleh para ulama hadits bahwa mencukur bulu mata,bulu halus di wajah termasuk yang dilarang dalam hadits ini..karena untuk tujuan mempercantik dan mengubah ciptaan Allah azza wa jalla.Tapi jika mencukur alis atau bulu mata itu satu-satunya jalan yang ditujukan untuk mencegah kemudharatan yang besar,seperti alergi atau gatal2 hal itu tak apa dilakukan,walaupun meninggalkannya dan bersabar atas musibah yang Allah berikan lebih utama. semoga Allah mempermudah kita dengan solusi lainnya yang diperbolehkan.Di lain pihak,Allah memerintahkan kita untuk mencukur bulu2 lain yang termasuk sunnah yang fitrah dan untuk jaga kebersihan,spt bulu ketiak,bulu kemaluan dan kumis.
Jadi kita taati yang diperintahkan n jauhin yang dilarang. memang sdh seharusnya segala perselisihan yang berhubungan dengan agama,kita kembalikan pd AlQur'an dan sunnah, bkn mengedepankan pendapat pribadi.Dan bukankah islam itu agama yang paling lengkap dan sempurna meliputi semua aspek hidup kita.Wallahua'lam..jd aku urungin deh niat itu.Qonaah ajalah..mgkn itu yang terbaik untuk anakku. wassallamu'alaykum

Anonymous said...

apakah sama antara mencukur dengan memotong? kalau mencukur alis atau bulu mata bagi mereka yang mencukurnya kan tujuan nya agar alis atau bulu matanya tetap seperti itu (dalam keadaan tercukur). Tapi bagi yang memotong bulu mata tujuannya kan agar bulu matanya tumbuh lagi, tidak seperti dalam keadaan terpotong, dengan harapan agar tumbuhnya semakin lebat dari semula. Mohon pencerahannya ibu UMMINEHALIM

Bunda Hasya said...

Alhamdulillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, wa ba’du,

Mencukur bulu mata, banyak dilakukan pada bayi. Tujuannya, agar ketika tumbuh lagi bisa lebih lentik. Itulah manusia, rakusnya tidak hanya pada harta, tapi juga pada rupa.

Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan:

لعن الله الواشمات والمستوشمات، والنامصات والمتنمصات، والمتفلجات للحسن المغيرات خلق الله

“Allah melaknat al-Wasyimah (para tukang masang tato), al-Mustausyimat (orang yang minta ditato), an-Namishat (orang yang mencabut bulu di wajah), dan al-Mutanamishat (orang yang minta dihilangkan bulu di wajah), dan orang yang mereggangkan gigi untuk kecantikan, mereka orang yang mengubah ciptaan Allah.” (HR. Muslim 2125).

Dalam Fatawa Syabakah Islamiyah dinyatakan:

Mencabut bulu mata atau memotongnya, termasuk tindakan menghilangkan bulu di wajah yang hukumnya haram. Dalam Muntaha al-Iradat dinyatakan:

ويحرم النمص، وهو نتف الشعر من الوجه

Haram melakukan an-namsh, yaitu menghilangkan rambut di wajah.

Ibnu Hazm mengatakan:

والنمص هو نتف الشعر من الوجه، فكل من فعلت ذلك في نفسها أو في غيرها فملعونات من الله عز وجل

An-Namshu adalah mencabut bulu di wajah. Semua orang yang melakukan hal ini pada dirinya sendiri atau orang lain; semuanya mendapat laknat dari Allah yang Maha Mulia.

Akan tetapi, jika ada bulu mata yang membahayakan, misalnya terlalu panjang sehingga mengganggu mata, pada kodisi ini, tidak terlarang untuk mencukur sebatas untuk menghilangkan gangguan.

Referensi: Fatawa Syabalah Islamiyah, no. 39342

ANR said...

maaf, kalo saya membaca semua comment menurut saya yak memotong bulu mata enggak melanggar kodrat Allah, sama aja kaya memotong rambut kan? masa iya itu dilarang juga? kan memotong bukan mencabut bulu mata hihihihi piss
Hadits Allah itu terkadang seperti teka teki yang menurut kita seperti ini tapi menurut orang lain itu bukan, dipahamin aja dulu, beda antara memotong dan mencabut kan? yak seperti kita boleh mendadani dirikita agar lebih cantik dan menrik untuk suami kita kaya maskeran,luluran, dan pasti ada hasilnya ntah bersihan atau putihan yang tadinya item buluk jadi agak bersihan krna ngelakuin itu apa mash dibilang melanggar kodrat?memotong bulu mata agar lentik untuk terlihat cantik kalo itu melanggar kodrat org yg maskeran spa luluran dll haram juga donkk.. sedangkan adakan hadist yg blg ALLAH itu senang kalo manusianya merawat tubuhnya dengan baik yekaann?? itu yang saya pahami tapi kalo salah yaaaaaaaaaaaaaaa.......... maafkan saya ^O^

Anonymous said...

Iya klo menurut saya si menggunting bulu Mata kan bertujuan supaya tumbuh lagi Dan bs lebih bagus,Bukan bertujuan utk menghilangkan!

Anonymous said...

Wahh uda kadung motong bulu mata my baby tyt byk pro kontra...lah slm ini ngeliat all tetangga yg notabene muslimnya kuat2 semua (dibanding sy hehe) n ada yg anaknya kyai...tyt jg pd ngeptg bulu mata baby2 mrk... n tujuannya sih mmg spy tmbh lentik, n ntu kebukti sma baik baby cowo or cewe pd lentik...jd bingung mana yg bnr yaaaa...mudah2an ga haram dech coz q jg anggepnya spt motong rambut...msh bisa tumbuh lg...ky wkt aqiqah ngegundulin rambutnya....

shendy said...

Islam itu bukan abu-abu. Cari ilmunya, kalo ragu kita ikutin yang sebisa mungkin menjauhi dosa.

Untuk melentikkan bulu mata, gak harus dipotong kok, bisa pake minyak zaitun, royal jeli, atau vitamin e. Di youtube udah banyak tutorialnya.

Ane udah 20 th, terbukti masih bisa panjang hahaha.

Khun Shikitotedo said...

Masing2 tanya sama kyai terdekat. yg fhm ilmu fiqih.

Khun Shikitotedo said...

Masing2 tanya sama kyai terdekat. yg fhm ilmu fiqih.

R said...

Bunda, yakin ya bunn boleh dipotong?? Bakal numbuh lagi kan bun???? Terus potong abis apa sedikit aja bun?

R said...

Motong semua apa sebagian aja bun?

Unknown said...

Ujungnya aja bun..

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Klo masih bayi numbuh lagi bun.. tapi klo udah besar mah ngga numbuh lagi.. klo dulu dipotong ujungnya aja bun

Unknown said...

Bund....maximal usia berapa bund motongnya? Usia 10 bulan masih bisa tumbuh kah?

Unknown said...

pakai minyak kemiri aja bunda bunda.... aman dan ga da pro kontra... 😉

Unknown said...

kalo pkai minyak kemiri supaya lebat... ga da hadis,y dooooong😉..
kn ga potong potongan

Bubu Y&Q said...

Saya potong ujung bulmat pas SMA usia sekitar 17tahun krna bulu mata lurus bngt, ternyata ngefek banget berhasil bikin bulmat sy lentikkan. Sempet sy ulangi lg hasilnya menurut sy bulmat jd agak panjang. Intinya sih pasti numbuh lg bun brpapun usianya.

Unknown said...

Inii koment na gag jlas bgt... Yg d bahas kan ttg rambut d wajah... Knapa jd na ke lulur... Kalau perawatan wajah yg bikin diri qta lebih bersih tanpa merubah ciptaan allah y sah² ajja lahh... Klu ttg bulu mata inii kan niat.. Niat na agar anakk na bulu mata na jd lentikk... Biar lebih cantikkk... Sementara allah menciptakan na seperti itu... Jd persepsi na berbeda²... Jangan d sangkutin k perawatan seperti luluran n maskeran...

Unknown said...

Maaf saya mau tanya...jika anak sudah umur 5 tahun bulu mata nya sudah lentik dan lebat..lalu kepotong habis..apakah bisa kembali seperti semula???