Friday, November 27, 2009

Pengalaman Menaikkan HGB ke SHM

Mau cerita nih... Bagi-bagi pengalaman di BPN (Badan Pertanahan Nasional) Depok mengurus sertifikat rumah. Bagi yang ingin mengubah seritifakt HGB rumahnya menjadi SHM, mungkin pengalaman saya bisa jadi sedikit gambaran. Ada jengkel, sebel, sekaligus pengen ketawa hehe...

Setelah cicilan KPR rumah saya lunas, kita berniat mengubah status HGB menjadi SHM, untuk menaikkan value rumah juga donk.. :-). Karena saya masih cuti melahirkan, ya udah akhirnya saya urus sendiri ke BPN. Kalo mau simple pake jasa notaris juga bisa sih, cuma pasti biayanya lebih mahal yah..

Datang jam 14.00 saya menuju loket pengurusan HGB ke SHM, setelah sertifikatnya dilihat petugas, ternyata harus di-ROYA dulu. Roya?? Apaan tuh? Ooh ternyata penghapusan Hak Tanggungan dari Bank. Tadinya kan sertifikat kita dijaminkan ke bank. Jadi harus dihapus dulu tuh hak tanggungannya. Oke deh...



Trus kita datengin dong loket ROYA. Dicek lagi sama petugasnya. Eeh... harus dicek dulu sertifikatnya ke Bagian Pengecekan sebelum di-ROYA! Waduh... dilempar lagi nih!

Ya wes.. kita pindah loket lagi ke Bagian Pengecekan.
"Pak, mau cek sertifikat Pak"
"Wah ngga bisa mba, sudah jam 14.30, besok lagi aja mba, balik lagi. Lama soalnya..."

Huhu..nasiib... terpaksa deh pulang lagi. Besoknya dengan semangat 45, dateng ke loket pengecekan. Sekarang dateng jam 1 siang. Ngga bisa pagi-pagi, soalnya repot ngurus anak-anak (hehe...maklum ibu-ibu..).

Dari jam 1 siang, akhirnya selesai dicek jam 14.30. Bayar "biaya administrasi" 25 ribu, lalu saya langsung ke bagian ROYA, tapi ditolak lagi!
"Sudah jam setengah 3 mba, ngga bisa, nanti kasirnya ngga mau nerima". Penasaran dong.., langsung ke kasir.
"Pak masih bisa bayar buat ROYA kan Pak?"
"Ngga bisa mba udah jam 14.30"
"Masa jam setengah 3 udah tutup Pak?", saya sebel juga (sejujurnya sih ngiri, enak banget ya PNS, jam segini udah tutup kantornya hehe..)
"Lho saya kan harus bikin laporan mba, ini aja baru jam 4 bisa pulang", si bapak ngga kalah sewot.

Yeah, pulang deh.. Lanjutkan lagi besoknya. Tapi sekarang harus pagian deh, maksain, daripada nanti bolak-balik lagi, cape deh...
Untuk ROYA setelah dari loket ROYA, kita bayar ke kasir.
"Hasilnya nanti 14 hari kerja ya mba".

Wah! Lama ya!

Setelah 14 hari, saya ambil sertifikat yang telah di ROYA. Trus langsung ke loket HGB-SHM.

"Wah mba...harus dicek dulu nih!", kata bu petugas.
"Kan baru dicek bu 2 minggu yang lalu. Masa harus di cek lagi?"
"Iya pokoknya setelah ada aktifitas harus dicek lagi"

Gubraks!

Terpaksa deh masukin lagi ke loket Pengecekan yang nunggunya menjemukan...
Setelah nunggu kurleb 2 jam, akhirnya dapet juga cap pengecekan.

Besoknya baru bisa masuk loket HGB-SHM. Setelah menunggu sekitar 1 jam, bayar ke kasir (besarnya tergantung NJOP rumah kita). Dari kasir, balik lagi ke loket HGB-SHM.

"OK mba, jadinya 14 hari lagi ya..". Waaah... 14 hari lagiii???
"Eh mba, mohon maaf, ada uang administrasinya.."
Waduh....
"Berapa Bu?"
"Biasanya 200rb"
Waduh.. (lagi)
"Yah bu, saya tadi ambil uang cuma sebesar yang harus dibayar ke kasir", beneran di dompet ngga ada 200ribu :-D
"100 ribu juga gapapa mba..."
Wekss.....

Yah...setelah bernegoisasi alot, saya serahkan uang yang ada di dompet aja, 65ribu hehe..maaf ya Bu, ngga ada lagi sih... (yang di bagian pengecekan juga bisa ditawar kok :-D).

Akhirnya jadi juga SHM rumah setelah menunggu 14 hari lagi. Alhamdulillaaaah.....!!!

21 comments:

BunDit said...

Salam kenal mbak. Weleh-weleh...ribet amat yaks. Kalau rumah saya masih KPR tapi dulu sama notarisnya sudah sekalian diurus kenaikan jadi SHM. Jadi ntar kalau sudah lunas katanya ya langsung sudah SHM. Kalau gak salah waktu itu bayar 400rb (2th lalu) deh. Gak tau juga ntar kalau udh lunas KPR nya masih harus ngurus2 yang pakai ribet gak hehehe. Di indonesia gitu loh, kalau bisa dibuat susah, kenapa harus dipermudah *sinis dot com* :D

Fitri3boys said...

alhamdulillah, akhirnya selesai juga ya urusannya...

Unknown said...

gitu tuh kalo belum menerapkan reformasi birokrasi seperti depkeu (pungli lah, pelayanan lama lah, dsb)

SenoARi™ said...

ass.wr.wb
terima kasih banyak mbk sri buat infonya, saya baru mau urus juga shm rumah saya, saya tinggal di bekasi jatiasih,,,
kalau baca cerita mbk sri rasanya ngenes jg,,, kapan negri kita majunya kalau urusan yang sebenarnya mudah dan cepat tapi jadi dipersulit dan di perlambat,,, sedih ya mbk kalau lihat negri ini...
tapi salam salut saya buat mbk sri dan buat aaknya... :D :D

my country ooh my country... ooh oohh..oooh my country...

wass.
by SenoARi
mailto: senoari@pndokgede.co.cc

Ema Ria said...

HAi Bunda, Salam kenal,aku jg lg ngurus HGB ke SHM. KPR udh disetujui jd sekalian aja prosesnya. Bayarnya cukup mahal, kstr 4jtan. Biaya adm nya sih cm 200rb,hehe. Yg ngurus notarisnya semua.

Lita Lalucu.com said...

hai bun,.. lam kenal.
ya ampun ada2 ajh negeri kita ini..
psti capek yh bun, d oper" gitu d BPS..

Anonymous said...

saya juga baru berkeinginan mengurus shm. berarti supaya bisa murah dan tetap ceria, siapin kondisi 3x bolak-balik dan yang di dompet hanya pas utk ongkos ;)

Anonymous said...

Terimakasih infonya mbak .... saya juga lagi mau ngurus HGB ke SHM ... pengalaman Mbak sangat berguna sekali. Saya akan mempersiapkan mental saya seperti Mbak :-) Salam sejahtera selalu.

asar community said...

wah nice inpoh mb.. :)

mau tanya..ada dokumen lain yg harus dibawa ga mba? (misal copy imb, copy ktp, dll) terima kasih.

Anonymous said...

Mba kira kira bayarnya berapa di loket perubahan hgb k shm mau tau aja sich..mahal bgt gk..ksh tau kisarannya aj..

ZUL / SPSI KMK GLOBAL SPORTS 1 said...

Luar biasaaa...menemukan blog ini ternyata bagi orang-orang yang lagi mikirin pengurusan Surat-surat HGB-SHM atau sejenisnya.. seperti halnya juga saya.. haha.. thanks' buat yg punya blog atas sharenya.. good exprience...(apa tuhhh artinya..haa)..

Unknown said...

Thanks info nya .... saya nih Bismillah .... hari ini rencana mau coba urus sendiri ke BPN .... semoga lancar ...

Sri Mulyati said...

Alhamdulillah kalau postingan saya bermanfaat... Semoga bisa jadi pelajaran ya, ngga dipingpong sana sini lagi :D

Anonymous said...

Di BPN Samarinda menaikkan HGB ke SHM memerlukan waktu 2 bulan .. BPN Samarinda Pungutan Liarnya luar biasa ngeri, Pegawainya rakus2, kalo ga dikasi duit berkas dibiarkan saja di mejanya ... Kalo kita tanya berkas kita knp lama baru selesai, jawabnya petugas BPN Samarinda : Bukan punya kamu aja yg diurus..yg lain banyak berkas orang..

Sri Mulyati said...

Waah.. harus direformasi segera... BPN dimana-mana sama sih... Saya urus AJB untuk tanah aja hampir setahun di BPN Kab. Cirebon. Padahal sudah pakai notaris,..

GCA0707 said...

http://griyacitraasri0707.blogspot.com/2015/07/mengurus-peningkatan-hgb-ke-shm.html

Uci Nurma said...

Hay mba Ema Ria, mksud nya kPR sudah di setujui itu brrti baru mau mulai cicilan ya. ???

Uci Nurma said...

Mba Sri bisa minta kontak nya ?? Saya mau tanya" persyaratan nya :)

Unknown said...

Waduh kok ribet amat eaa...tapi Alhamdulillah bln November kmaren ngurus HGB ke SHM gak ribet bayarnya juga cuma 50 rbu sesuai dgn peraturan...jadinya juga 14 hari... setelah diambil kok cuma dicoret HGBnya dan distempel jdi SHM tok...kirain sertifikat baru... hehehe

Unknown said...

Waduh kok ribet amat eaa...tapi Alhamdulillah bln November kmaren ngurus HGB ke SHM gak ribet bayarnya juga cuma 50 rbu sesuai dgn peraturan...jadinya juga 14 hari... setelah diambil kok cuma dicoret HGBnya dan distempel jdi SHM tok...kirain sertifikat baru... hehehe

Unknown said...

Setelah dibcoret hgb nya di stempel hak milik.. Dan ada no yg berubah kan bu di bawah tulisan hak miliknyanya?