Thursday, July 17, 2008

Dilema Dua Pengasuh Anak-anakku

Duuhh judulnya novel banget ya?? Hehe.. Ga maksud siiy.. Cuma kebawa melankolis karena lagi pusing gonta ganti pengasuh anak-anak di rumah.

Hal ini juga yang membuat daku ngga apdet-apdet blog, juga karena pesanan www.pojokjilbab.com mulai mengalir, Alhamdulillah..., jadi agak-agak sibuk niyy hehe..;-)

Semenjak Naura lahir, "terpaksa" di rumah harus punya 2 pengasuh. Karena Nasywa harus diantar jemput ke sekolahnya, dan Naura ngga mungkin ikut-ikutan dibawa ke sekolah Nasywa kan..? (lho umminya kmana? hehe...)



Punya dua pengasuh, bikin pusing. Sering bentrok. Dua bulan terakhir ini, saya sudah 4 kali ganti!

Yang pertama, karena merasa lebih senior dari mba yang baru, merasa mba yang baru ini harus tunduk semua perintah doi. Akhirnya doi sendiri yang keluar.

Yang kedua, cuma bertahan 3 hari! Alasannya sakit kakinya (memang saya lihat betulan sakit, cuma waktu dipaksa ke dokter, ngga mau sama sekali)

Yang ketiga, sebenarnya sudah OK,tutur katanya manis, lulusan SMA, sehingga tidak perlu ngasih tau secara detail setiap pekerjaan-sudah ngerti sendiri, momongnya bisa. Cuma sayang, banyak bohongnya... :-((. Juga mungkin karena mba yang ini pernah jadi SPG, kasir (yang menurut doi lebih tinggi derajatnya) doi merasa malu kalo ketahuan bekerja sebagai PRT oleh keluarganya. Kalu diajak keluar (mall, jalan-jalan, kondangan) sama sekali ngga mau. Maunya di rumaah aja.. Baru sebulan bekerja, minta cuti 2 minggu, saya kasih. "Insya Allah pulang hari Minggu", katanya... Nihillll... padahal sudah dibaik-baikin, dikasih ongkos PP, bonus, oleh-oleh... Ya Allah...sabar...sabar...sabaaar....

Akhirnya ini yang ke-4, keponakan jauh sih... Mudah-mudahan betah ya...

Saya sudah menerapkan tips agar kedua pengasuh tidak bentrok, mungkin masih ada yang kurang ya?? Tambahin Bun...
1. Adil, ngga ngebeda-bedain (dikasih satu, kasih smua), pekerjaan bagi rata
2. Sekampung, lebih baik klo sudah kenal baik duluan
3. Pendidikan selevel, jadi ngga ada yang ngerasa lebih pinter
4. Klo ambil sodara, ke-2nya mending sodara juga aja
5. Apa lagi yah??.........

6 comments:

Keke Naima said...

wah lagi banyak rejeki nih mom.. Alhamdulillah..:) Sama nih mom sy juga gak pernah beres kl dpt asisten pdhl (perasaan sie...) udah memperlakukan merekan dg baik ya? makanya skrg putusin gak pake asisten dulu deh :)

Zain said...

Hati2 mbak jangan sampai urusan pekerjaan melalaikan tanggung jawab terhadap anak, mungkin ini juga yg dirasakan saya. Kita senasib 2 pengasuh 2-2nya nginep lagi...tambah rame aza

Anie said...

klo aku lom pernah punya 2 asisten .. hehehe... jd lom bisa nambahin tips :D

punya 1.. eh kemaren pulang.. moga segera dpt lg.. amin

Zeeva Athena Cakranegara said...

emang riweh urusan asisten ini ya mi...aku aja baru punya satu, pulang pula, kayaknya kapok deh gak mau lagi

Novy Chrystiana said...

sama deh mbak...aku tmbh anak tmbh "asisten". Hasna lhr aku tmbh satu 'asisten'.jd skrng total ada 2 asisten.gimana lg,wong kita berdua kerja! hiks!
alhamdulilah keduanya betah,yg 1 sdh 3 thn kerja dan yg 1 hmpr 1 thn. Tips nya sama,"harus adil" dan yg kedua jgn seumur. pengalamanku kalo seumur pasti ada persaingan. 'asistenku' yg 1, 30 thnan yg satu 19 thn...mdh2n awet deh...

ern said...

kalo bisa yg satu asisten pulang pergi, dan atunya nginep. Kayanya kalo spt itu lebih awet walopun ujung2nya balik ke masing2 pribadi si asisten itu yg notabene pendidikan rendah (dominan mempengaruhi attitude)